Monday, March 4, 2019

Bus Wisata Sakoci atau Saba Kota Cimahi

Bus Wisata Sakoci - Saba Kota Cimahi Smart CityBus Wisata Sakoci - Saba Kota Cimahi resmi beroperasi dan diharapkan bisa menggenjot wisata militer yang tengah dikembangkan Pemkot Cimahi. Kendaraan tersebut diluncurkan Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna di area Car Free Day (CFD), Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Cibabat, Cimahi, Jawa Barat, Minggu (3/3/2019). Pemkot Cimahi sejak tahun lalu tengah fokus mengembangkan wisata militer. Langkah ini upaya untuk menjadikan Cimahi sebagai salah satu tujuan wisata di Jabar, khususnya berkonsep militer. Julukan kota militer, disematkan karena banyak berdiri bangunan-bangunan bersejarah peninggalan zaman kolonial Belanda. Hal ini menjadi daya tarik untuk mengundang kedatangan wisatawan.

Kehadiran bus 'Sakoci' ini diharapkan mampu memberikan pelayanan wisatawan, baik nusantara dan mancanegara, yang ingin berkeliling melihat bangunan bersejarah yang ada. Mobil wisata yang didominasi warna hijau ciri khas tentara ini nantinya akan melayani wisatawan dengan kegiatan city tour ke tempat atau tangsi-tangsi militer yang memilik nilai sejarah. Bus 'Sakoci' memiliki desain khas angkutan wisata dengan jendela dan bagian belakang terbuka lebar yang memaksimalkan pandangan selama perjalanan. Memiliki bangku untuk 24 penumpang serta dilengkapi berbagai fasilitas. Semua proses perakitan bus wisata ini dan juga bus wisata kota lain dikerjakan di Kota Cimahi.

Kendaraan 'Sakoci' rencananya melayani berbagai rute perjalanan keliling Kota Cimahi mulai dari Alun-Alun Kota Cimahi (titik 0) melewati gedung Under Societiet - Penjara Poncol - Markas Yon Armed 4/105 GS - Gedung Sudirman - Taman Ratu Wilhelmina - Taman Kehormatan Ereveld Kerkhof - Komunitas Adat Cireundeu (Dewi Tapa). Rute kedua melayani jalur mulai dari Gedung Technopark - Taman Kehormatan Ereveld Kerkhof - Komunitas Adat Cireundeu - Pusdik Armed - Gereja Santo Ignatius - Taman Ratu Wilhelmina - Militaire Hospital (RS. Dustira) - Stassiun Kereta Api Cimahi - Penjara Poncol - Markas Yon Armed 4/105 GS - Gedong Opat - Alun-alun Cimahi.

Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Cimahi mengadopsi tarif Bandung Tour On Bus (Bandros) Kota Bandung, untuk diterapkan pada bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci). Nantinya, wisatawan asal Cimahi maupun luar Cimahi akan dikenakan tarif sebesar Rp20.000 perorang, sedangkan untuk anak-anak dikenai tarif Rp15.000 perorang. Menurut Ketua Organda Kota Cimahi, Dida Suprinda, mengungkapkan tarif tersebut disepakati setelah melakukan pertemuan dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) serta Dinas Perhubungan.

Harga tiket dan rute Bus Wisata Sakoci Cimahi - Menurut pengelola Bus Sakoci yaitu Organda Kota Cimahi. Titik keberangkatan bus berada di Alun-alun Cimahi, tarif yang diberlakukan yaitu Rp 20.000 per orang untuk umum dan Rp 15.000 per orang untuk pelajar. Fasilitas yang melengkapi bus hibah dari Pemprov Jabar tersebut di antaranya adalah televisi untuk memutar film-film bertema Cimahi serta buku-buku sejarah Cimahi. Adapun rute yang diambil untuk wisatawan yang naik Sakoci, di antaranya, Kampung Adat Cireundeu, Makam Kerkof, Gedung Cimahi Technopark, Pusdik Armed, Penjara Poncol, dan ke tempat bersejarah lainnya.