Wednesday, June 8, 2016

Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Kota Cimahi

Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Kota Cimahi Cyber CityTingkatkan kompetensi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menggelar pelatihan "Kewirausahaan bagi Pemuda" di Pusdikhub Jln. Gatot Subroto Kota Cimahi, Rabu, 1 Juni 2016. Pelatihan itu bertujuan agar pemuda di Kota Cimahi bisa menciptakan lapangan kerja. Pelatihan tersebut diikuti sekitar 500 orang dengan rentang usia dari 18-30 tahun. Jumlah tersebut merupakan perwakilan dari 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi.

Kepala Disdikpora Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan menjelaskan pelatihan dengan sasaran pemuda berkaitan dengan berlakunya pasar tunggal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). "Kami ingin pemuda di Kota Cimahi bisa bersaing dan berhadapan dengan pelaku usaha dari negara lain," katanya. Sistem pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan, termasuk lamanya pelatihan. Agar materi yang disampaikan mampu diterima oleh peserta, pelatihan dilaksanakan menjadi tiga hari terhitung sejak 1 hingga 3 Juni 2016.

Walikota Cimahi, Atty Suharti menyatakan, angka pengangguran di Indonesia sudah tinggi termasuk Cimahi. Apalagi ketersediaan lapangan kerja di Cimahi sangat terbatas. Salah satu prioritas pembangunan pemerintah adalah program penciptaan lapangan kerja. "Bagaimana SDM diberi peningkatan nilai atau pelatihan agar mereka mampu menciptakan pekerjaan atau meningkatkan diri," katanya.

Dia menambahkan, di Kota Cimahi BITC bisa dimanfaatkan mereka yang tertarik untuk menciptakan pekerjaan di bidang industri animasi dan perbaikan ponsel. Untuk itu, pelatihan yang diselenggarakan harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta. "Beragam pelatihan nantinya akan kami buat, dan itu harus dimanfaatkan oleh masyarakat," pungkasnya.***PR